Otoinfo – Yamaha MT-15 adalah motor sport naked yang menjadi andalan Yamaha di kelas 150cc. Motor ini memiliki desain yang gahar, mesin yang bertenaga, fitur yang modern, dan sensasi berkendara yang berbeda. Motor ini juga merupakan bagian dari MT Series, yang merupakan jajaran motor sport yang mengusung konsep “The Dark Side of Japan”.
Motor ini sudah diluncurkan di Indonesia sejak tahun 2019 dengan harga Rp 34,95 juta on the road Jakarta. Namun, pada bulan November 2020, Yamaha memberikan diskon sebesar Rp 1 juta untuk motor ini, sehingga harganya menjadi Rp 33,95 juta. Diskon ini berlaku hingga akhir tahun 2020.
Namun, bagi sebagian orang, harga yang sudah murah ini masih belum cukup untuk memuaskan hasrat Modifikasi Yamaha MT-15 Luis mereka. Salah satunya adalah Luis, seorang pemuda asal Jambi yang berhasil memodifikasi Yamaha MT-15 miliknya menjadi lebih gagah tanpa mengurangi fungsi keselamatan dan kenyamanan.
Luis mengaku bahwa ia sangat menyukai Yamaha MT-15 sejak pertama kali melihatnya. Ia pun langsung membeli motor ini tanpa ragu. Namun, ia merasa bahwa motor ini masih bisa lebih gagah jika di Modifikasi Yamaha MT-15 Luis sesuai dengan selera dan karakternya.
“MT-15 ini memang sudah gahar dari sananya, tapi saya merasa masih bisa lebih gahar lagi. Makanya saya modif sesuai dengan gaya saya, yang suka motor yang gagah tapi tetap nyaman dan aman,” ujar Luis kepada Tribun Jambi.
Modifikasi Kaki-Kaki
Luis mengatakan bahwa ia memulai modifikasi Yamaha MT-15 dari bagian kaki-kaki. Ia mengganti ban bawaan motor yang berukuran 140/70 dengan ban yang lebih lebar, yaitu 180/55. Ukuran ban ini biasanya digunakan untuk motor dengan kapasitas mesin 600cc.
“Ban bawaan MT-15 itu kurang gahar menurut saya, makanya saya ganti dengan ban yang lebih lebar. Ban ini biasanya dipakai motor moge, jadi lebih gagah dan kuat. Tapi saya tetap pakai merk yang sama, yaitu IRC,” ujar Luis.
Selain ban, Luis juga mengganti swing arm atau lengan ayun motor dengan swing arm custom yang dibuat khusus dari bahan aluminium. Swing arm ini memiliki bentuk yang lebih panjang dan lebar dari swing arm bawaan motor, sehingga bisa menampung ban yang lebih lebar.
“Swing arm ini saya custom sendiri dari bahan aluminium. Saya ambil dasar dari swing arm R25, tapi saya modif lagi agar lebih pas dengan MT-15. Swing arm ini lebih panjang dan lebar dari swing arm bawaan, jadi bisa muat ban yang lebih lebar,” ujar Luis.
Luis juga mengganti shock breaker atau suspensi belakang motor dengan shock breaker custom yang dibuat khusus dari bahan aluminium. Shock breaker ini memiliki bentuk yang lebih pendek dan keras dari shock breaker bawaan motor, sehingga bisa memberikan handling yang lebih responsif dan stabil.
“Shock breaker ini juga saya custom sendiri dari bahan aluminium. Saya ambil dasar dari shock breaker R15, tapi saya modif lagi agar lebih pas dengan MT-15. Shock breaker ini lebih pendek dan keras dari shock breaker bawaan, jadi lebih responsif dan stabil,” ujar Luis.
Modifikasi Bodi
Luis tidak hanya modifikasi kaki-kaki Yamaha MT-15, tetapi juga memodifikasi bodi motor. Ia mengganti beberapa bagian bodi motor dengan spare part asli dari Yamaha MT-09, yaitu motor sport naked yang memiliki kapasitas mesin 900cc.
“MT-09 itu adalah kakaknya MT-15, jadi saya ambil beberapa spare part dari MT-09 yang cocok dengan MT-15. Saya beli spare part ini dari Malaysia, karena di Indonesia susah carinya,” ujar Luis.
Beberapa bagian bodi yang diganti Luis antara lain adalah headlamp atau lampu depan, shroud atau penutup tangki, dan tail lamp atau lampu belakang. Luis mengatakan bahwa ia memilih spare part ini karena memiliki desain yang lebih gahar dan futuristik dari spare part bawaan motor.
“Headlamp MT-09 itu lebih gahar dari MT-15, karena bentuknya lebih tajam dan menyipit. Shroud MT-09 juga lebih gahar dari MT-15, karena bentuknya lebih besar dan bergelombang. Tail lamp MT-09 juga lebih gahar dari MT-15, karena bentuknya lebih ramping dan elegan,” ujar Luis.
Luis juga mengganti knalpot atau exhaust motor dengan knalpot custom yang dibuat khusus dari bahan stainless steel. Knalpot ini memiliki bentuk yang lebih pendek dan besar dari knalpot bawaan motor, sehingga bisa memberikan suara yang lebih bising dan ngebass.
“Knalpot ini saya custom sendiri dari bahan stainless steel. Saya ambil dasar dari knalpot R15, tapi saya modif lagi agar lebih pas dengan MT-15. Knalpot ini lebih pendek dan besar dari knalpot bawaan, jadi lebih bising dan ngebass,” ujar Luis.
Modifikasi Fungsi
Luis mengatakan bahwa ia tidak hanya modifikasi Yamaha MT-15 dari segi tampilan, tetapi juga dari segi fungsi. Ia mengatakan bahwa ia tetap memperhatikan fungsi keselamatan dan kenyamanan motor, sehingga tidak mengganggu performa dan kualitas motor.
“Modifikasi yang saya lakukan ini tidak mengurangi fungsi keselamatan dan kenyamanan motor. Saya tetap pakai rem ABS, speedometer digital, dan fitur-fitur lainnya yang ada di MT-15. Saya juga tetap pakai bahan-bahan yang berkualitas dan sesuai dengan standar motor,” ujar Luis.
Luis juga mengatakan bahwa ia tetap merawat dan menjaga motor kesayangannya dengan baik. Ia mengatakan bahwa ia rutin melakukan service dan ganti oli setiap 3.000 km atau 3 bulan sekali. Ia juga rutin membersihkan dan merapikan motor setiap hari.
“Motor ini saya rawat dan jaga dengan baik. Saya rutin service dan ganti oli setiap 3.000 km atau 3 bulan sekali. Saya juga rutin bersihkan dan rapikan motor setiap hari. Saya sayang sama motor ini, karena ini motor impian saya,” ujar Luis.