MotoGP 2021 Catalunya: Baju Balap Fabio Quartararo Dislidiki Pihak Alpinestars

Otoinfo.id – Pembalap Yamaha, Fabio Quartararo sempat jadi sorotan di MotoGP 2021 seri Catalunya, Minggu (6/6). Akibat baju balapnya terbuka saat masuk lap ke-21 dari total 24 lap yang disajikan.

Atas kejadian tersebut, Quartararo dianggap tidak safety karena baju balap yang terbuka. Pembalap bernomor 20 itu akhirnya dijatuhi penalti 3 detik. Yup, situasi tersebut lantas mengundang banyak pertanyaan bagaimana bisa terjadi.

Baca Juga : Resmi DIkenalkan Di Surabaya, Ini Dia Harga Resmi Daihatsu Rocky

Alpinestars selaku pemasok baju balap Quartararo dengan cepat membawa baju balapnya ke laboratorium dan melakukan penyidikan. Menurut penjelasan pihak Alpinestars, baju balapnya berfungsi dengan baik, tidak ada yang salah.

“Setelah balapan MotoGP di Sirkuit de Barcelona-Catalunya pada hari Minggu, Tim Pengembangan Balap Alpinestars memulai penyelidikan atas keutuhan pakaian balap Fabio Quartararo. Selama analisis awal setelah balapan di Alpinestars Racing Development Truck di paddock MotoGP, tim menemukan bahwa setelan balap dalam kondisi normal dan semua ritsleting dan pengencang berfungsi penuh,” tulis Alpinestars di akun Twitter.

“Ini adalah penilaian awal yang akan diperdalam segera setelah baju balap tiba di laboratorium Alpinestars di markas Alpinestars. Semua tes dan analisis dilakukan untuk lebih memahami penyebab apa yang terjadi,” sambungnya.

Baca Juga : MotoGP 2021 Mugello: Oliveira Menang, Quartararo Jadi Sorotan

Muncul asumsi awal bahwa airbag diaktifkan secara tidak benar, tapi dibantah dan dikonfirmasi. “’Tech-Air® Airbag System’ tidak terbuka selama balapan. Itu bekerja sesuai rencana karena tidak ada situasi kecelakaan,” tegas Alpinestars.

Jadi sampai saat ini belum diketahui apa penyebab pasti baju balap Quartararo bisa terbuka saat balapan sedang berlangsung. Aji