MotoGP 2021 Doha: Ini Penyebab Oliveira Merosot, Walaupun Meroket Saat Start

Otoinfo.id – Pada balapan kedua MotoGP musim ini yang juga berlangsung di Sirkuit Losail Qatar (4/4), Miguel Oliveira berhasil mengawali start dengan spektakuler. Yup, pembalap KTM Factory itu start dari lini belakang dan berhasil meroket di tikungan pertama, berada di urutan keempat.

Namun sangat disayangkan penampilan Oliveira tak segahar di lap awal. Pembalap berkebangsaan Portugal itu merosot sepanjang lap. Bahkan dia hanya mengakhiri balapan di urutan ke-15.

Baca Juga : MotoGP 2021 Doha: Curhatan Rookie Jorge Martin Saat Pimpin Balapan

Setelah ditelusuri, ternyata Oliveira mengalami masalah teknis pada motornya. Dasbor berbubah hitam jadi penyebab utama Oliveira merosot. Seperti diketahui kalau dia kehilangan data pada motornya yang hanya ada di dasbor.

“Setelah start, dasbor saya menjadi hitam. Jadi saya tidak punya informasi tentang persneling, mapping, ban … Semuanya hilang. Sangat sulit untuk mengatur balapan hanya dengan perasaan. Kami membutuhkan dasbor, itulah mengapa kami memilikinya,” ungkapnya.

Oliveira menjelaskan betapa pentingnya dasbor itu. Karena jika dasbor itu mati, maka Oliveira terpaksa harus memacu motornya tanpa data. Hanya pakai perasaan saja.

Baca Juga : Busi Brisk Bikin Performa Naik, Pembalap YY Pang Juara CP125 Malaysian Cub Prix

“Contohnya ‘lampu shift’ sangat penting di rute seperti Qatar. Saya mencobanya dengan perasaan dan karena kami telah melakukan begitu banyak putaran di sini, saya hanya mencoba untuk memindahkan gigi kurang lebih di tempat yang sama,” lanjut Oliveira.

“Ini menjadi masalah untuk memaksimalkan motor kami. Baru kemudian saya mengetahui bahwa saya menggunakan mapping mesin hemat bahan bakar. Saya tidak tahu itu, tentu saja, dan itu membuat saya sangat sulit untuk mengikuti siapa pun,” tutupnya. Aji