Otoinfo – Kawasaki baru saja meluncurkan varian tertinggi dari motor sport fairing 250 cc mereka, yaitu New Kawasaki Ninja ZX-25RR. Motor ini menjadi saingan berat bagi para kompetitor yang kebanyakan menggunakan mesin 1 atau 2 silinder. New Kawasaki Ninja ZX-25RR dibekali dengan mesin 4 silinder segaris yang mampu menghasilkan tenaga dan torsi yang luar biasa.
Namun, apa saja perbedaan antara New Kawasaki Ninja ZX-25RR dengan versi Ninja ZX-25R yang sudah lebih dulu hadir di pasar? Apakah perbedaan tersebut sebanding dengan harga yang ditawarkan? Simak ulasan berikut ini untuk mengetahui jawabannya.
Perbedaan Warna dan Livery
Perbedaan yang paling mudah dilihat antara New Kawasaki Ninja ZX-25RR dengan versi Ninja ZX-25R adalah warna dan livery yang ditampilkan. New Kawasaki Ninja ZX-25RR hadir dengan warna Lime Green/Ebony yang dibalut dengan livery KRT (Kawasaki Racing Team), warna ini tidak hadir di varian lainnya.
Warna ini menunjukkan identitas motor sebagai produk balap yang siap mengaspal di jalanan. Selain itu, warna ini juga memberikan kesan sporty, agresif, dan eksklusif.
Sementara itu, versi Ninja ZX-25R memiliki beberapa pilihan warna, yaitu Metallic Spark Black, Candy Plasma Blue, dan Metallic Matte Fusion Silver. Warna-warna ini juga menarik, namun tidak seistimewa warna Lime Green/Ebony. Warna-warna ini lebih cocok untuk pengguna yang menyukai tampilan yang elegan, kalem, dan simpel.
Perbedaan Suspensi
Perbedaan lain yang cukup signifikan antara New Kawasaki Ninja ZX-25RR dengan versi Ninja ZX-25R adalah suspensi yang digunakan. New Kawasaki Ninja ZX-25RR dilengkapi dengan suspensi depan Showa SFF-BP (Separate Function Fork – Big Piston) yang bisa disetel sesuai keinginan pengendara.
Suspensi ini merupakan suspensi yang biasa digunakan di motor balap, seperti Kawasaki Ninja ZX-10R. Suspensi ini memiliki diameter tabung 41 mm dan panjang stroke 120 mm. Suspensi ini mampu memberikan kinerja yang optimal, responsif, dan stabil saat melibas berbagai kondisi jalan.
Di sisi lain, versi Ninja ZX-25R menggunakan suspensi depan teleskopik biasa yang tidak bisa disetel. Suspensi ini memiliki diameter tabung 37 mm dan panjang stroke 110 mm.
Suspensi ini masih bisa memberikan kenyamanan dan keamanan saat berkendara, namun tidak sebaik suspensi Showa SFF-BP. Suspensi ini lebih cocok untuk pengguna yang tidak terlalu memperhatikan aspek performa dan handling.
Perbedaan Rem
Perbedaan berikutnya yang bisa ditemukan antara New Kawasaki Ninja ZX-25RR dengan versi Ninja ZX-25R adalah rem yang dipasang. New Kawasaki Ninja ZX-25RR menggunakan rem depan dan belakang yang sama dengan versi Ninja ZX-25R, yaitu rem cakram dengan kaliper Nissin.
Namun, ada satu hal yang membedakan, yaitu ukuran piringan cakram depan. New Kawasaki Ninja ZX-25RR menggunakan piringan cakram depan berukuran 290 mm, sedangkan versi Ninja ZX-25R berukuran 310 mm.
Perbedaan ini mungkin terlihat sepele, namun ternyata berpengaruh pada daya cengkeram dan pengereman motor. Piringan cakram depan yang lebih kecil membuat New Kawasaki Ninja ZX-25RR lebih ringan dan lebih responsif saat bermanuver.
Piringan cakram depan yang lebih besar membuat versi Ninja ZX-25R lebih kuat dan lebih stabil saat mengerem. Kedua pilihan ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, tergantung pada preferensi dan gaya berkendara pengguna.
Perbedaan Fitur
Perbedaan yang terakhir dan mungkin yang paling menarik antara New Kawasaki Ninja ZX-25RR dengan versi Ninja ZX-25R adalah fitur-fitur yang ditawarkan. New Kawasaki Ninja ZX-25RR memiliki beberapa fitur yang lebih canggih dan lebih lengkap dibandingkan versi Ninja ZX-25R. Berikut adalah beberapa fitur yang ada di New Kawasaki Ninja ZX-25RR:
- Panel instrumen full digital dengan layar TFT berwarna yang bisa terhubung via bluetooth ke smartphone dengan aplikasi Rideology. Panel ini menampilkan informasi seperti kecepatan, putaran mesin, suhu mesin, odometer, tripmeter, jam, indikator bensin, indikator gigi, indikator mode berkendara, indikator kontrol traksi, indikator shift light, dan indikator lap timer.
- Riding mode yang bisa dipilih sesuai kondisi dan situasi berkendara. Ada 4 pilihan riding mode, yaitu Road, Sport, Rain, dan Rider. Masing-masing mode memiliki karakteristik yang berbeda-beda, mulai dari tenaga, torsi, respons gas, hingga tingkat intervensi kontrol traksi. Mode Road cocok untuk berkendara di jalan raya dengan kondisi normal. Mode Sport cocok untuk berkendara di sirkuit atau jalan yang menantang. Mode Rain cocok untuk berkendara di jalan yang basah atau licin. Mode Rider cocok untuk pengguna yang ingin menyesuaikan sendiri setelan motor sesuai selera.
- Kontrol traksi yang bisa diaktifkan atau dinonaktifkan sesuai kebutuhan. Kontrol traksi ini berfungsi untuk mencegah ban belakang selip saat akselerasi atau saat melewati jalan yang licin. Kontrol traksi ini juga bisa disesuaikan dengan tingkat sensitivitasnya, mulai dari level 1 hingga level 3. Level 1 adalah level yang paling minim intervensi, cocok untuk pengguna yang ingin merasakan sensasi berkendara yang sporty. Level 3 adalah level yang paling maksimal intervensi, cocok untuk pengguna yang ingin merasakan kenyamanan dan keamanan berkendara yang tinggi.
- Quick shifter yang memungkinkan pengguna untuk mengganti gigi tanpa harus menekan kopling atau melepas gas. Quick shifter ini membuat perpindahan gigi menjadi lebih cepat, halus, dan presisi. Quick shifter ini juga bisa meningkatkan performa dan efisiensi bahan bakar motor. Quick shifter ini bisa digunakan baik saat naik maupun turun gigi.
Sedangkan versi Ninja ZX-25R hanya memiliki beberapa fitur standar, seperti panel instrumen semi digital yang menampilkan informasi dasar, riding mode yang hanya ada 2 pilihan (full dan low), dan kontrol traksi yang tidak bisa disetel.
Dari ulasan di atas, bisa disimpulkan bahwa New Kawasaki Ninja ZX-25RR memiliki beberapa perbedaan yang cukup signifikan dengan versi Ninja ZX-25R dengan versi Ninja ZX-25R. New Kawasaki Ninja ZX-25RR memiliki beberapa keunggulan, seperti warna dan livery yang eksklusif, suspensi yang bisa disetel, panel instrumen yang canggih, riding mode yang variatif, kontrol traksi yang fleksibel, dan quick shifter yang praktis.
Namun, semua keunggulan ini tentu saja harus dibayar dengan harga yang lebih tinggi. New Kawasaki Ninja ZX-25RR dibanderol dengan harga Rp 132 juta (OTR Jakarta), sedangkan versi Ninja ZX-25R dibanderol dengan harga Rp 107,54 juta (OTR Jakarta). Perbedaan harga ini mencapai Rp 24,46 juta, atau sekitar 22,7 persen.