Otoinfo – Keunggulan teknologi MotoGP dan performa juara dunia YZR-M1 secara gemilang dihadirkan dalam All New YZF-R1 dan YZF-R1M, motor sport terbaru dari Yamaha. Meluncur ke pasar dengan prestise yang tinggi, keduanya membawa konsep High Tech Armed Pure Sport yang menawarkan pengalaman berkendara ideal dengan sensasi mesin motor juara dunia.
All New YZF-R1 dan YZF-R1M, yang baru saja diperkenalkan di Gaikindo International Auto Show (GIIAS) di Indonesia, merupakan inkarnasi terkini dari kesuksesan Yamaha dalam menggabungkan teknologi MotoGP ke dalam produksi massal. Dengan teknologi yang diadopsi dari YZR-M1 MotoGP, kedua varian ini menjanjikan pengendara pengalaman yang luar biasa dengan spek tertinggi yang pernah ada dari Yamaha.
Perbedaan antara keduanya terletak pada detail teknis, seperti penggunaan ban, cowling, Electronic Racing Suspension (ERS), dan ECU data logger. Namun, inti dari keunggulan keduanya adalah adopsi teknologi MotoGP yang terfokus pada pengembangan mesin balap yang ringan namun mampu bekerja pada putaran yang tinggi.
Mesin All New YZF-R1 dan YZF-R1M dikembangkan dengan fokus pada beberapa faktor krusial, termasuk efisiensi intake dan exhaust, perbaikan pada pembakaran, serta pengurangan gaya gesek dan inersia massa. Hal ini menghasilkan output power yang mencapai 200 PS, menandai peningkatan sebesar 18 PS dari generasi sebelumnya.
Beberapa fitur kunci yang mendukung performa mesin yang superior ini termasuk crossplane crankshaft, titanium fracture-split connecting rod, finger rocker arm, dan forged alumunium bridge-box piston. Keberadaan crossplane crankshaft memberikan kontrol yang lebih baik pada power dan traksi, terutama saat cornering, sementara titanium fracture-split connecting rod, yang pertama kali diperkenalkan untuk motor produksi massal, menawarkan ringan dan presisi yang tak tertandingi.
Kombinasi finger rocker arm dan forged alumunium bridge-box piston memberikan performa maksimal pada putaran mesin tinggi, dengan penggunaan bahan-bahan ringan seperti titanium, magnesium, dan alumunium pada komponen-komponen krusial yang menghasilkan bobot yang ringan sekitar 199 kg.
Untuk memastikan kontrol yang optimal, YZF-R1M dilengkapi dengan suspensi khusus dari Ohlins, yakni Electronic Racing Suspension (ERS) yang dapat disesuaikan sesuai kebutuhan. Sementara sistem kontrolnya didukung oleh Inertial Measurement Unit (IMU), Yamaha Ride Control (YRC) system, speedometer, dan Communication Control Unit (CCU) untuk menyempurnakan pengalaman berkendara.
Dengan fitur-fitur seperti Power Delivery Mode (PWR), Traction Control System (TCS), Slide Control System (SCS), Lift Control System (LCS), Launch Control System (LCS), dan Quick Shift System (QSS), pengendara dapat menyesuaikan dan merasakan sensasi balap secara maksimal.
Dari speedometer digital instrument panel hingga Communication Control Unit (CCU) yang memungkinkan interaksi antara pengendara dan mesin melalui smartphone, setiap elemen dalam All New YZF-R1 dan YZF-R1M diciptakan untuk menghadirkan pengalaman berkendara yang luar biasa sesuai dengan warisan MotoGP dan prestise Yamaha.
Dengan konstruksi frame yang ringan dan kokoh serta teknologi canggih yang melampaui batas, All New YZF-R1 dan YZF-R1M telah menetapkan standar baru dalam kelasnya, menghadirkan teknologi MotoGP ke jalan raya untuk pengalaman berkendara yang tak tertandingi. Otoinfo.