Saturday, June 28, 2025
spot_img

Tips: Keren!! Pakai As Sok Bekas, Bisa Bikin Alat Service Injeksi Tanpa Lepas Throttle Body

Otoinfo.id – Kebanyakan As Sok bekas itu dipakai hanya untuk membuat treker atau hanya sebagai pipa pembengkok footstep dan lainnya. Namun kali ini bisa juga dimanfaatkan sebagai alat service injeksi. Ide ini muncul dari Dadang, pemilik bengkel di Jalan Raya Gemuruh – Pucang, Bawang, Banjarnegara, Jawa Tengah.

Dadang memiliki ide tersebut karena jika beli, alat seperti itu harganya mahal. “Jika ada yang bisa dimanfaatkan, kenapa tidak bikin saja hehehe..,” ujarnya. Jadi, alat ini gunanya untuk membersihkan injektor sekaligus ruang bakar tanpa membuka throttle body. Cara ini dinilai lebih efektif. Selain praktis, baut-baut yang ada di trhottle body juga aman tidak mudah slek karena bongkar pasang.

Baca Juga : Tips: Pakai Pully dan Roller Kawahara, Bikin Yamaha NMax Makin ‘Ngacir’!

Bahan utamanya yang pasti as sok depan motor bebek atau matic, agar tidak terlalu panjang. Lalu alat pengukur tekanan angin atau regulator, jangan lupa dua kran yang dipasang di dua sisi, nepel T dan sok sambungan, serta nepel kuningan selang ukuran 6 ml dan 8 ml.

Setelah bahan semua terkumpul, lalu dirangkai menjadi satu. Oh ya, as sok wajib ada tutupnya ya. Regulator dipasang di bagian atas. As sok dibor dulu untuk lubang masuk angin dari regulator, jangan lupa kran dipasang untuk mengatur tekanan. Bagian bawahnya bisa di beri drat ataupun las paten untuk tempat nepel kuningan selang yang dimasukkan ke selang fuel pump.

Baca Juga:  Apa Jadinya Kalau Marquez Dan Pedrosa Jadi Guru SD, Tonton Video Kocaknya
Bagian atas (kiri) dan bagian bawah (kanan).

Baca Juga : Cukup Pakai Alat Sederhana Bisa Bikin Pembersih Injector Sendiri

“Usahakan membeli dua nepel, ukuran 6 ml untuk matic/bebek dan ukuran 8 ml untuk sport. Sama di dalam nepel diberi semacam saringan, agar cairan pembersih tidak kotor sebelum masuk ke throttle body,” ucap Dadang. Jadi cara kerjanya soket regulator tekanan angin masuk ke kompresor, lalu nipel sambungan selang masuk ke selang fuel pump.

Regulator tekanan angin masuk ke kompresor.

“Setelah itu masukkan cleaner injeksi yang sudah tercampur dengan bahan bakar lewat tutup as sok. Kran intake angin dibuka perlahan sesuai kebutuhan tekanan masing-masing fuel pump motor tersebut. Sebelumnya kran bahan bakar sebaiknya dibuka dulu. Baru kontak posisi on dan nyalakan. Tinggal ditunggu beberapa menit agar bahan bakar yang campur cleaner bekerja sendiri membersihkan injector dan ruang bakar,” jelas Dadang.

Baca Juga : Bingung Ganti Gir atau Rantai Saja? Nih SSS Kasih Tips-nya!

Baca Juga:  Marc Marquez: Si Bintang MotoGP yang Kembali Bersinar dan Masa Depannya yang Misterius
Nepel kuningan selang dan saringan.

So, simpel dan pastinya mudah dibikin kan? Untuk bikin alat seperti ini Dadang tidak merogoh kocek banyak, tidak sampai 200 ribu. “Regulator 40 ribu, kran ke kompresor 25 ribu x 2 = 50 ribu, nepel T 20 ribu, sok angin 9 ribu, sok sambungan 9 ribu, nepel kuningan selang fuel pump 30 ribu. Untuk as sok depan saya rasa semua bengkel punya, jika pun tidak ada bisa beli sekitar 20 ribu sudah sama tutupnya,” tukasnya. Aji

Latest Posts