Ingat! Jangan Sampai Mesin Overheat, Begini Cara Merawat Radiator Sepeda Motor Yang Benar!

Otoinfo.id – Radiator merupakan salah satu piranti penting pada sepeda motor. Tidak hanya mobil yang memiliki Radiator berpendingin cairan. Kini sepeda motor pun ikut dibekali komponen tersebut. Fungsi utama radiator yakni sebagai pendingin mesin. Seperti halnya komponen motor lainnya. Sistem pendingin ini juga harus diperhatikan kondisinya agar tetap bekerja secara optimal.

Baca Juga : Busi Kok Cepat Mati? Wajib Baca, Ternyata Ini Penyebabnya!

Pasalnya, jika komponen ini rusak atau bahkan tidak bekerja dengan optimal, kerusakan fatal akan merembet ke mesin yakni  overheat. Nah, tentunya sobat tidak ingin mengalami hal tersebut kan? Berikut adalah cara merawatnya. Simak ulasannya dibawah ini.

1. Periksalah Kebersihan Radiator secara Rutin

Cara membersihkannya pun mudah. Yakni bisa menggunakan air mengalir dengan tekanan semprotan sedang. Jangan gunakan tekanan semprotan kuat, karena akan mengakibatkan penyok pada kisi kisi radiator. gunakan sikat gigi apabila terdapat terdapat kerikil atau kotoran yang menempel pada radiator

Baca Juga : Bahaya Motor Kekurangan Oli, Berakibat Fatal Jangan Sampai Menyesal!

2. Cek Penampung (Reservoir) Cairan Cadangan.

Cek volume cairan cadangan. Untuk skutik berada dibalik jok, sedangkan sepeda motor sport disisi kiri. Jangan sampai kering, lakukan pengecekan minimal seminggu sekali. Isi cadangan cairan sesuai batas upper dan lower. Pastikan selalu terisi. “Tidak hanya cek volume air radiatornya saja, penting juga untuk cek tabung cadangan radiatornya”,ucap Faldi yang akrab di sapa Mas Cunting mekanik Karya Mandiri (KRM) Banjarnegara.

Baca Juga : Motor Matic Kurang Bertenaga Di Jalan Menanjak? Ini Penyebabnya

3. Ganti Air Radiator Dengan Cairan Khusus

Harus menggunakan cairan khusus (coolant) karena mengandung bahan pencegah karat, kerak, mengurangi pengupan dan stabilitas suhu. Jangan menggunakan air murni karena tidak punya sifat seperti coolant. Namun bila motor dipakai setiap hari, ada baiknya pergantian cairan pendingin dilakukan lebih awal.

Baca Juga : Awas Rem Blong! Ini Dia Cara Menggunakan Rem ‘CBS’ Motor Matic Dengan Benar

Memang sangat mudah merawat radiator sepeda motor. Bahkan sobat bisa melakukannya sendiri dirumah. Akan tetapi jangan disepelekan. Karena dampaknya bisa sangat fatal yakni motor sobat akan mengalami overheating. Tenang, hal itu tidak akan terjadi selama sobat merawat radiator secara rutin. Oke, semoga bermanfaat. Taufik