Home Blog Page 5317

Lexi Hadir di CustoMAXI Semarang, Cocok Buat Modifikasi

0
Yamaha Lexi Hadir di CustoMAXI Semarang
Pemenang semifinal CustoMAXI Semarang

Otoinfo.id – Ajang modifikasi motor-motor MAXI Yamaha (Nmax, Xmax, Aerox 155), CustoMAXI, yang digelar di Semarang pekan lalu diwarnai kejutan dengan hadirnya Lexi. Motor baru MAXI family itu diperkenalkan di Semarang setelah diluncurkan perdana di Jakarta bersama pembalap Movistar Yamaha MotoGP, Valentino Rossi dan Maverick Vinales.

Eddy Ang (Deputy GM Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing) dan Hendri Kartono (Chief Yamaha DDS Semarang) saat memperkenalkan Yamaha Lexi di CustoMAXI Semarang

CustoMAXI di Semarang makin meriah dengan munculnya Lexi. Keramaian pengunjung bertambah untuk melihat motor teranyar Yamaha itu. “Orang Semarang suka Lexi yang sexy. Lexi membuat kecintaan masyarakat di Semarang terhadap MAXI Yamaha makin bergairah. Tak heran karena MAXI Yamaha adalah dream bike mereka. Sesuai survey yang kami lakukan, motor-motor MAXI Yamaha adalah motor yang paling mereka harapkan untuk dimiliki. Demand di sini juga tendensinya terus meningkat,” beber Hendri Kartono, Chief Yamaha DDS Semarang.

Yamaha memanjakan konsumen di Semarang dengan rutin mengadakan MAXI Yamaha Day dan coaching clinic. Kegiatan lainnya adalah CustoMAXI yang mendapatkan antusias besar peserta. Semarang menjadi kota ke-7 tempat penyelenggaraan semifinal CustoMAXI setelah Medan, Tangerang, Banjarmasin, Makassar, Bali, Surabaya.

Pemenang semifinal di Semarang adalah Gian Ramadhan di kelas Aerox 155, Mansyur Usman di kelas Nmax, Donny Alfariza di kelas Xmax. Ketiganya pecinta modifikasi dan menggunakan motor modifnya untuk turing dan keseharian. Mengenai Lexi, mereka sepakat cocok buat pria dan wanita, cocok untuk modifikasi juga dan ingin membelinya.One

Tonton Video Raungan Mesin 500 cc Suter MMX500

0

Kerudung itu pun dibuka. Suter akhirnya meluncurkan kembali mesin 2-tak 500 dengan Suter MMX500. Tentunya ini sengaja diciptakan bagi penggemar balap yang kangen dengan raungan mesin 500 cc 2-tak.

Walaupun 2-tak, Suter MMX500 sudah dibekali dengan teknologi paling baru. Secara resmi, SUter MMX500 memiliki power 195 dk pada 13.000 rpm. Dan ini memungkinkan Suter MMX500 melaju hingga 310 km/jam.

Suter MMX500 menggunakan mesin V4 berkapasitas 576 cc 2-tak dengan bore x stroke 56 mm x 58,5 mm. Sistemnya menggunakan 2 as kruk dan sudah mengadopsi sistem injeksi.

Akselerasinya pun jelas makin galak lantaran power 195 dk tersebut hanya menggotong bodi seberat 127 kg saja. Tidak lebih berat dari Ninja 250 atau Yamaha R25.

Nah, Suter MMX500 ini hanya dibuat sebanyak 99 unit saja. Untuk menebusnya harus merogoh dana US$ 123.360. Jika diuangkan dalam bentuk Rupiah sekitar Rp 1.640.688.000 (RP 1,65 Milyar) jika saat ini USD1 = Rp 13.300. MT4

Suzuki V-Strom 250 Bakal Menantang Kawasaki Versys 250

0

Suzuki V-Strom 250 (DL250) sudah diluncurkan duluan di Cina. Dan ini akan menjadi indikasi kuat untuk berhadapan dengan Kawasaki Versys 250 yang sudah hadir terlebih dahulu di Indonesia.

Suzuki V-Strom 250 ini menggunakan mesin yang digunakan Suzuki Inazuma berkapasitas 248 cc 2 silinder segaris. Out put powernya mencapai 25 PS pada putaran 8.000 rpm dengan torsi maksimal 23,4 Nm di 6.500 rpm.

Karena bergaya turing, Suzuki V-Strom ini memiliki kapasitas tangki bahan bakar sebanyak 17 liter. Suzuki mengklaim, jika tangki terisi penuh, mampu menempuh jarak lebih dari 500 km. Berarti Suzuki V-Strom memiliki konsumsi bahan bakar rata-rata 1 liter untuk 29,4 km.

Karena dilahirkan sebagai motor penjelajah, Suzuki V-Strom memiliki windscreen yang cukup tinggi supaya mampu menahan terpaan angin agar tidak mengenai badan rider. Bagian kaki-kaki, V-Strom dibalut oleh ban IRC dengan pelek palang 10.

Biker penunggang Suzuki V-Strom 250 ini akan dimudahkan dalam melihat seluruh panel speedometer karena tampilannya sudah berbentuk LCD. Makin lengkap pula karena sudah dilengkapi dengan soket charging hand phone. Tinggal tunggu saja kehadirannya di Indonesia. MT4

Sekarang Motor 2 Silinder Bisa Pakai Piggy Back Speedsparks

0

Setelah lama memproduksi piggy back universal untuk mesin 1 silinder, akhirnya Speedsparks sudah melepas piggy back untuk motor 2 silinder seperti Kawasaki Ninja 250FI, Yamaha YZF-R25 hingga CBR250RR.

Piggy back yang cukup disetting menggunakan obeng ini dijual dengan harga Rp 2 juta. Pengguna akan lebih mudah mengutak-atik karena sudah dibagi 3 range putaran mesin yakni 0-3.000 rpm, 3.000-7.000 rpm dan 7.000 sampai 20.000 rpm.

Asyiknya kini Speedsparks memiliki 2 fitur baru, yaitu fitur fuel-jet dan limitter ECU. “Fuel-jet bertugas sebagai enrichment bahan bakar saat full throttle (gas pol), mirip fuel accelerator di karburator. Sedangkan limitter ECU untuk mengubah-ubah limitter yang diinginkan,” Adrian Hendrayana selaku boss Speedsparks.

Yang ingin pasang, bisa sambangi Bengkel Roled Custom, di Jl. Nusa Indah, Ruko Blok U, No. 65, Laundry Hijau, Taman Galaxy, Kalimalang, Bekasi, 17148. Atau kontak dulu deh di no.WA 085891671400 (Harel). MT4

Awas Oli Mesin Honda All New CB150R, Sonic & All New CBR150R Rawan Bocor

0

Ada beberapa kasus, Honda All New CB150R, Sonic dn All New CBR150R mengalami bocor oli. Munculnya diketahui melalui slang pembuangan.

Ternyata, oli bocor tersebut terpantau dari pembuangan oli dekat water pump. “Padahal motor baru berjalan sekitar 7.000 km,” terang Burhan mekanik Hans Motor yang berada di Surabaya.

shaft water pump all new cb, rawan berkarat

Burhan sudah berkali-kali mendapat keluhan tersebut dari konsumen All New CB150R, All New CBR150R dan Soni 150R. “Mesinnya kan se-generasi,” ujar Han.

Yang jadi pertanyaan, apakah kebocoran oli tersebut bisa berakibat fatal, misalnya bercampur dengan coolant radiator. “Untungnya posisi terpisah, sehingga tidak bisa bercampur,” lanjut lelaki asal Perak, Jombang ini.

shaft water pump dimodifikasi

Dari analisa, ditengarain, ke bocoran oli mesin melalui pembungan coolant karena shaft water pump. “Tidak sebagus CB150R old. Solusinya ganti shaft water pump dengan milik CB150R lama. Harus dimodifikasi sedikit. Sebab desainnya berbeda,” ucap Kriwul sapaan akrab Burhan.

ganti seal shaft water pump juga

Nah, sekalian saja, mumpung melakukan perbaikan shat water pump, seal pada shaft water pump diganti juga. MT4

Perangkat Inertial Measurement Unit Yang Terlewatkan Di MotoGP

0

Walaupun sudah menggunakan ECU yang sama, ternyata ada 1 bagian yang terlewat. Dan ini menjadi salah satu peranti yang menyebabkan gap antara tim satelit dan tim pabrikan masih cukup lebar.

Perangkat tersebut disebut IMU (Inertial Measurement Unit). Orang awam menyebutnya lean angel alias sensor untuk mengukur kemiringan motor. Namun ternyata fungsinya tidak hanya sebatas itu.

IMU lebih canggih dari sebatas lean angle. Momen inertia pun dihitung untuk mengetahui kecepatan ketika menikung. Akurasi menghitung posisi motor pun kian tinggi.

“Orang-orang yakin IMU adalah sensor dan hanya mengukur sudut kemiringan. Tapi itu tidak benar. IMU mengukur rata-rata sudut kemiringan melalui algoritma matematika. IMU sebenarnya adalah sebuah komputer yang terhubung dengan ECU melalui line CAN,” terang Corrado Cecchinelli, MotoGP Director of Technology.

Semuanya terhubung ke ECU unit dan bisa mengoreksi mapping untuk mendapat kemampuan optimal disetiap tikungan. Hitungan kemiringan motor ditambah kecepatan menikung, mampu memberikan input ke ECU untuk melakukan penyesuaian.

Uniknya bahkan IMU terhubung dengan sensor temperatur ban. Sehingga motor tetap mudah dikontrol.

Bisa jadi, IMU menjadi sumber masalah bagi Yamaha dan Suzuki yang kerap sliding ketika motor mulai tegak. Algoritma IMU tidak bisa memberikan data detail untuk memperhalus power motor.

Corrado Cecchinelli mengungkapkan bahwa IMU masih dikembangkan oleh masing-masing pabrikan motor. Dan itu yang membuat jarak dengan tim satelit makin jauh. Ada wacana IMU akan didesain seragam dan menjadi satu kesatuan dengan ECU.

“Bayangkan jika IMU saya ambil berikut pengukur suhu ban. Lantas saya masukan IMU dan terintegrasi ke ECU,” lanjutnya.

Tentu harapannya akan ada IMU seragam. Tim satelit pun dapat dengan mudah menyesuaikan dengan IMU yang terintegrasi di dalam ECU. MT4

Modifikasi Suzuki A100: Awas Ada Anak Kuda

0

Suzuki A100 milik Anggola Bimantara Merdeka adalah paling kecil di event Moto Journey. Tapi soal kemampuan di ajang Moto Journey, tidak mau kalah dengan motor yang lebih besar. Lincah namun kuat menerjang medan berat.
Sesuai julukannya belo, “Karena lincah dan kuat, dijuluki belo alias anak kuda,” terang Deka sapaan akrab Anggola Bimantara Merdeka.

Tentunya ini tidak lepas dari campur tangan sang builder, Siswo Winoto dari padepokan Wins Paddock, Purwokerto. “Karena dipakai di medan berat, kemampuan rangka harus benar-benar mumpuni,” sebut Wiwin sapaan akrab Siswo Winoto.

Wiwin masih percaya dengan performa sasis bawaan motor. Namun pada beberapa bagian diperkuat. Seperti penambahan cradle frame dengan pipa berdiameter 22,5 mm. “Selain sebagai penguat, juga mampu melindungi mesin dari benturan benda keras,” urai Wiwin.

Urusan kaki-kaki, A100 lansiran 2002 ini dibekali dengan ban trail dipandu dengan suspensi depan Honda MegaPro dan swingarm custom buatan Wins Paddock. “Mancal-mancal kayak anaknya jaran (kuda),” tutup Wiwin. MT4

Data Modifikasi:
Ban depan : Motorcross 3.00-18
Ban belakang : Motorcross 3.50-18
Sok depan : MegaPro
Swingarm : Hand made
Sok belakang : Variasi 32
Setang : Hand made
Tangki : Honda S90
Jok : Hand made
Knalpot : Hand made
Rantai & sprocket : SSS
Lempu depan & belakang : Hand made
Gas spontan : Magura
Modifikator : Wins Paddock, Jl. Sunan Ampel No. 11, RT 01/05 Kel. Pabuaran, Kec. Purwokerto Utara 53124, Telp. 081548886755

Ini Wujud Honda Civic Si Coupe Yang Dimodifikasi Ala Linkin Park

0

Honda Civic Si Coupe yang dimodifikasi ala Linkin Park dalam acara Honda Civic Tour 2012, punya wujud cukup keren. Tidak hanya body kit mulai dari bemper, side skirt hingga spoiler saja.

Bahkan kaki-kaki turut diganti pelek merek Konig Deception berdiameter 18 inci berwarna orange dengan motif pelek palang 5. Keempat rodanya dibalut ban Toyo Proxes Four Plus.

 

Selain itu bagian bodi mendapat sentuhan airbrush dari Santini Paint and Body. Bahkan motif airbrushnya dijadikan cover pada album Linkin Park berjudul Living Things. MT4

Vokalis Linkin Park Meninggal, Ternyata Mobil Pertamanya Adalah Hyundai Accent

0

Chester Bennington, lead singer, Linkin Park meninggal dunia akibat bunuh diri. Disisi lain sebagai vokalis, Chester Bennington ternyata punya hobi otomotif juga.

Dari sederet mobil yang pernah dimiliki, yang paling tidak dilupakan adalah mobil pertamanya. Chester Bennington adalah Subaru tahun 1980 pemberian kakak perempuannya. Subaru tersebut sudah menempuh jarak 300.000 mil ketika diberikan kepada Chester Bennington. Namun mobil pertama hasil pembeliannya adalah Hyundai Accent tahun 1996 berwarna putih.

Nah, mobil yang menjadi favoritnya sebelum kematiannya adalah Porsche Panamera lansiran 2009. Mobil yang digunakan sehari-hari adalah Honda Insight lansiran 2011. MT4

Kopdargab Hijet se-Jawa Tengah: Wow, Banyumas Diserbu Ratusan Hijeters

0

Kopdar gabungan jadi acara rutin yang digelar setahun 2 kali oleh Independent Hijet Mania Jawa Tengah. Setelah yang pertama lalu dilaksanakan di Prambanan bertajuk Ngumbahi Prambanan (Ngumpul Bareng Hijet di Prambanan).

Kini yang kedua digelar di Banyumas dengan tajuk event Ngophi maring Banyumas (Ngumpulnya Orang Pecinta Hijet ke Banyumas).

Purbamas Hijet Community selaku tuan rumah menetapkan Hotel Owabong sebagai venuenya. Pilihan tersebut disebabkan selain kopdar, juga bisa sambil liburan untuk anak istri. Acara ini pun diselingi dengan Halal Bihalal Hijeters.

Nah, tamu yang diundang cukup banyak. Dari seluruh Jawa Tengah hadir mengikuti acara kopdar gabungan ini.
Sebut saja Hijet Fans Club Pati, Kudus Hijet Independent, Hijet Rawapening Club Ambarawa, Paguyuban Hijet Salatiga, Boja Hijet Seribu Community, Hijet Klaten Bersinar, Community Bolo Sewu Temanggung, Community Bolo Sewu Magelang, Bagong Daihatsu Community Wonosobo. Bahkan ada juga dari Independent Hijet Mania Jawa Barat. Wow.

Ratusan Hijeters berkumpul tanpa memandang golongan. Tua muda guyub bagai tanpa batas. Uunk