Otoinfo – Isuzu Mu-X telah dikenal luas sebagai SUV yang tangguh dan mampu beradaptasi dengan bahan bakar solar berkualitas rendah di Indonesia.
Dengan harga solar yang terjangkau, yaitu sekitar Rp 6.800 per liter, performa mesin tetap optimal berkat dua teknologi unggulan yang diterapkan oleh Isuzu.
Mari kita bahas secara mendalam mengenai rahasia kehebatan mesin Isuzu Mu-X dalam menghadapi tantangan bahan bakar dengan cetane number 48.
Teknologi Filter Ganda: Penyaring Efektif Bahan Bakar
Pre-Filter dan Main Filter
Mesin Isuzu Mu-X dilengkapi dengan sistem filter ganda yang terdiri dari pre-filter dan main filter. Sistem ini memastikan bahwa bahan bakar yang masuk ke dalam mesin telah melalui dua tahap penyaringan, sehingga kotoran dan partikel berbahaya dapat diminimalisir.
Fungsi Pre-Filter
Pre-filter berperan sebagai penyaring awal yang menangkap partikel-partikel besar dan kotoran yang terkandung dalam solar. Dengan demikian, bahan bakar yang lebih bersih akan dialirkan ke filter utama.
Fungsi Main Filter
Main filter melanjutkan penyaringan bahan bakar yang sudah melalui pre-filter, memastikan hanya solar berkualitas yang masuk ke ruang pembakaran. Proses ini sangat penting untuk menjaga kinerja mesin tetap optimal dan memperpanjang umur mesin.
Teknologi Diamond Like Carbon (DLC): Pelindung Injektor yang Tangguh
Pelapisan Injektor dengan DLC
Isuzu Mu-X menggunakan teknologi Diamond Like Carbon (DLC) pada injektor mesinnya. Pelapisan ini memiliki beberapa keunggulan yang sangat signifikan dalam menjaga kebersihan dan efisiensi mesin.
Keunggulan DLC
- Ketahanan Tinggi: DLC memberikan perlindungan ekstra pada injektor dari partikel-partikel abrasif yang terdapat dalam solar berkualitas rendah. Hal ini mengurangi risiko kerusakan dan keausan pada komponen mesin.
- Pembakaran Lebih Bersih: DLC membantu menjaga kebersihan injektor, sehingga proses pembakaran bahan bakar menjadi lebih efisien dan menghasilkan emisi yang lebih rendah.
- Performa Optimal: Dengan pelapisan DLC, mesin Isuzu Mu-X mampu menghasilkan tenaga yang besar dan torsi yang tinggi, meskipun menggunakan solar berkualitas rendah. Mesin 4JK1-TC 2.5L turbo diesel ini mampu menyemburkan tenaga sebesar 136 ps dan torsi flat 32,6 Kgm pada 1.800-2.800 rpm.
Isuzu Mu-X berhasil mempertahankan performa optimal dan efisiensi bahan bakar meski menggunakan solar berkualitas rendah berkat dua rahasia utamanya: teknologi filter ganda dan pelapisan injektor dengan Diamond Like Carbon (DLC).
Kedua teknologi ini memastikan bahwa mesin tetap bersih, tahan lama, dan efisien dalam berbagai kondisi bahan bakar yang ada di Indonesia.
Dengan demikian, Isuzu Mu-X bukan hanya menjadi pilihan SUV yang tangguh, tetapi juga sahabat setia pengguna bahan bakar solar berkualitas rendah. Otoinfo