Tips: Klakson Mati? Jangan Langsung Ganti Baru, Cek Bagian Ini Dulu!

Otoinfo.id – Klakson merupakan salah satu perangkat yang penting di motor. Walaupun banyak yang tak menghiraukan fungsi klakson, nyatanya jika klakson mati ibarat motor bisu.

Ya, sudah jelas fungsi utama klakson adalah memberi isyarat, jika mati bisa dibayangkan, dapat membahayakan diri sendiri maupun pengguna jalan lain.

Nah, kita juga bisa cek kondisi sendiri jika klakson tidak mau bunyi. Pertama yang jelas aki, karena perangkat ini lah yang memicu klakson bunyi.

Tapi jika kondisi aki masih bagus, jangan langsung menyimpulkan kalau klakson mati. Masih ada cara lain untuk mengecek apakah benar-benar mati atau tidak.

Baca Juga : Tips: Bikin Tarikan Karbu Vakum Lebih Nendang, Begini Caranya!

Cek kabel, bisa lepas atau putus.

Periksa kabel klakson. “Biasanya kalau motor sudah umur, kabel juga bisa rusak. Alangkah baiknya dicek dulu,” ujar Agung, mekanik dari bengkel SDK Motor Banjarnegara, jateng.

Lalu saklar, ini juga harus dicek. Karena saklar kemungkinan sudah berkarat atau berbeda yang dapat menyumbat fungsi. Hal ini bisa dibersihkan pakai cairan pembersih karat.

Cek saklar, kotor bisa menyumbat fungsi.

“Jangan lupa cek baut platina yang ada di belakang klakson. Biasanya jika kena getaran bautnya bisa berubah posisi. Untuk ini bisa disetel ulang,” ujarnya.

Atur baut platina.

Oh ya, cara ini bisa dilakukan sendiri. Tidak perlu ke bengkel. Karena untuk cara seperti ini tidak dibutuhkan alat yang banyak.

Baca Juga : Tips: Handgrip Kendor? Nggak Usah Beli Baru!

Jika memang sudah dicek dan semua cara sudah dilakukan tapi klakson tetap mati, itu artinya wajib diganti. “Kalau ganti usahakan pilih yang standard bawaan motornya ya,” tukas Agung. Aji